Home » , » Tips Mengelola Gaji Supaya Bisa Hemat

Tips Mengelola Gaji Supaya Bisa Hemat

Written By admin on Senin, 24 Juni 2013 | 06.26

Mengelola gaji supaya bisa hidup hemat tidaklah mudah karena begitu banyak godaan di dunia ini. Apakah kamu salah satu orang yang gampang tergoda berperilaku konsumtif? Jika iya, ada baiknya kamu merenungi tips berikut ini dan mulai menerapkannya supaya gaji kamu bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif. Apalagi kalau bukan untuk ditabung sebagai bentuk investasi di masa depan.

    Begitu menerima gaji langsung sisihkan minimal 20 persen untuk ditabung dan jangan sekali-kali menariknya kecuali karena keadaan terpaksa.
    Gunakan 80 persen sisa gaji kamu untuk hal yang berguna seperti memenuhi kebutuhan hidup, membayar cicilan atau kredit (jika punya utang), beli pulsa, perawatan kendaraan serta hiburan sederhana.
    Ingat berbelanjalah berdasarkan kebutuhan dan bukan berdasarkan keinginan. Kebutuhan merupakan yang utama sementara keinginan bisa kamu tunda.
    Jangan sampai “besar pasak daripada tiang!” Tekan sebisa mungkin pengeluaran kamu hingga setidaknya impas dengan gaji yang kamu dapatkan. Hindari berhutang.
    Jika memang ada kebutuhan yang memang perlu dibeli dan harganya melebihi gaji kamu seperti motor atau mobil, cobalah untuk mengkredit. Inipun dengan perhitungan matang sehingga setiap gajian kamu masih bisa menabung, walaupun sedikit, sambil melunasi kredit.
    Hindari kartu kredit karena akan membuat kamu tergoda berbelanja. Memang saat berbelanja sangat mudah tidak perlu mengeluarkan uang tapi ingatlah awal bulan karena tagihan kartu kredit akan datang dan pastinya akan membuat kamu pusing.
    Selalu cek penerimaan dan pengeluaran kamu setiap bulannya. Karena dari sini kamu bisa menganalisa pengeluaran apa yang bisa dikurangi atau kamu tiadakan sehingga bisa dialihkan untuk menambah tabungan.
    Terus tingkatkan motivasi dari diri sendiri untuk tidak tergoda konsumtif kembali sehingga lambat laun kamu akan terbiasa dengan gaya hidup hemat dan sederhana.
    Jika sanggup dan ada waktu, pertimbangkan untuk mencari kerja sampingan sehingga ada penerimaan extra di setiap bulannya.

Apapun cara yang kamu terapkan untuk bisa mengelola gaji dan hidup hemat, semuanya harus dimulai dari niat dan tekad kamu sendiri. Selamat menabung!

jobloker.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Berita Gress - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger