Home » , » 79 Artis Masuk Daftar Caleg Sementara

79 Artis Masuk Daftar Caleg Sementara

Written By admin on Jumat, 21 Juni 2013 | 00.42

KPU telah mengumumkan jumlah Daftar Caleg Sementara (DCS) sebanyak 6.550 orang. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI) mendapati dalam DCS saat ini ada 79 caleg berasal dari kalangan artis.

"Kritik terkait kualitas caleg artis ternyata tak membuat Parpol mempertimbangkan caleg dari kalangan selebriti yang sejak awal didaftarkan. Masih ada 79 artis yang terdeteksi pada DCS," kata Koordinator FORMAPPI Sebastian Salang, dalam rilisnya, Kamis (20/6/2013).

Menurutnya, jumlah artis tersebut diperoleh dari 9 partai politik, minus PKS, PBB dan PKPI. Secara detail, dari 79 artis sebanyak 35 merupakan caleg perempuan dan 44 adalah laki-laki.

Sementara berdasarkan partai, PAN penyumbang artis terbanyak yaitu 18 orang. Kemudian Partai Gerindra 15 orang, PKB 14 orang, PDIP 7 orang, Partai Demokrat 7 orang, Partai NasDem 6 orang, PPP 6 orang, Partai Golkar 4 orang dan Partai Hanura 2 orang.

"Sebanyak 24 artis mendapatkan nomor urut 1. Gerindra mengusung 5 artis di nomor 1, menyusul PKB, NasDem dengan 4 artis di nomor 1, PAN 3 artis dan partai lain 2 hingga 1 orang," ungkapnya.

"Fakta ini membuktikan partai memang menjadikan artis sebagai umpan andalan untuk mendulang suara. Lagi-lagi kita berhadapan dengan Parpol yang menggadaikan kualitas caleg demi meraup suara dari mereka yang berkat karirnya sudah dikenal luas pemilih di Dapil," kritiknya.

news.detik.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Berita Gress - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger