Home » , » Mengatur Keuangan Saat Harga Naik

Mengatur Keuangan Saat Harga Naik

Written By admin on Jumat, 21 Juni 2013 | 01.47

Harga BBM bersubsidi mau naik? Sejujurnya, saya sudah lama tidak menggunakan bensin premium lagi untuk kendaraan di rumah kami, jadi seharusnya tidak banyak pengaruh ke pos transportasi. Tapi, tetap saja pasti akan ada pengaruhnya untuk pos pengeluaran lain seperti belanja bulanan dan pengeluaran lain. Apalagi, bulan suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, dan pastinya diakhiri dengan lebaran.

Di masa-masa menantang seperti ini, perubahan cara mengatur keuangan wajib dilakukan jika Anda ingin bisa tetap nyaman dan lepas dari godaan utang. Ini dia tipsnya.
1.      Revisi rencana pengeluaran. Alokasi pengaturan keuangan sebaiknya dengan konsep 50% untuk biaya hidup, 30% untuk tabungan, dana darurat, dan investasi, 20% untuk gaya hidup.
2.      Prioritaskan pengeluaran. Anda harus mau melakukan penyesuaian setidaknya untuk 3 bulan kedepan. Usahakan untuk menghilangkan sementara pos alokasi yang tidak wajib, dan lakukan penghematan untuk pos wajib tidak tetap.
3.      Bayar tunai atau gunakan e-money. Untuk keperluan belanja bulanan dan belanja rutin, lupakan penggunaaan kartu kredit. Dengan membiasakan diri bayar tunai atau pakai kartu prabayar, maka Anda akan dipaksa untuk mengatur pengeluaran sesuai kemampuan finansial.
4.      Hemat energi. Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi untuk mengurangi penggunaan listrik, air, dan juga plastik.
5.      Mengatur menu makanan bulanan. Porsi terbesar dalam pengeluaran bulanan adalah untuk pos makanan. Rencanakan pembelian bahan makanan, terutama yang mudah busuk agar sesuai dengan kebutuhan.
Selamat mencoba ya… Live a beautiful life!

infojkt.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Berita Gress - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger