Home » , » Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Written By admin on Jumat, 21 Juni 2013 | 00.55

Bagaimana.. Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan..?,
Mengingat biaya kebutuhan hidup dari hari ke hari  semakin mahal  , membuat kita harus berpikir untuk mencari solusi menghemat pengeluaran bulanan.  Untuk itu harus kita persiapkan dari sekarang!!! Memang untuk melakukan penghematan pengeluaran bulanan, sangat berat untuk kita lakukan. Tapi bukan tidak mungkin untuk kita coba lakukan . Ada beberapa cara sederhana untuk mengurangi pengeluaran bulanan kita.  Berikut ini beberapa cara mengurangi pengeluaran bulanan, meskipun langkah ini sepele tapi bisa berdampak besar juga.

1. Penghematan Biaya Tagihan Listrik
Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Kita lakukan dengan membiasakan diri untuk tidak menyalakan AC apabila ruangan tidak digunakan. Tapi terkadang, yang susah kalau kita punya kebiasaan menyalakan AC kamar sesaat sebelum kita mau tidur dengan alasan biar ruangannya dingin dulu baru kita beranjak tidur. Nah lo, padahal kebiasaan seperti ini yang membuat tagihan listrik membengkak. Jadi hentikanlah kebiasaan ini! Oh iya, penggunaan pendingin ruangan, bisa kita siasati penghematannya dengan cara mengganti penggunaan AC dengan kipas angin, khususnya kalau pas cuaca lagi dingin seperti pas musim hujan ya. Tentunya ini akan mengurangi konsumsi listrik juga kan. Yang jelas intinya adalah, gunakan listrik seperlunya saja. Matikan peralatan yang mengonsumsi listrik jika tidak digunakan, seperti lampu, mengisi baterai ponsel atau laptop, penggunaan hair dryer, oven, microwave, dll. Meskipun sederhana, tapi ini mampu menekan penggunaan listrik dan tentunya mampu mengurangi pengeluaran bulanan kita untuk biaya penggunaan listrik.

2. Pengehematan Pengeluaran Telepon Seluler
Untuk berhemat, kita bisa menggunakan layanan telepon seluler termurah di daerah kita. Hentikan langganan layanan operator yang memang sebenarnya tidak perlu. Nah, kita juga bisa mengurangi pengeluaran bulanan telepon seluler kita dengan cara tidak menggunakan layanan GPRS dari operator, kalau kita bisa memakai Wi-Fi untuk koneksi internet. Lalu, daripada menelpon, kita bisa lo memanfaatkan layanan Skype, BBM, Whats App untuk berkomunikasi.

3. Menggunakan "Single Provider"
Banyaknya perusahaan yang menawarkan internet, telepon dan layanan komunikasi lainnya dalam satu paket dan tentunya dengan penawaran berharga diskon. Kita bisa memanfaatkan ini, daripada kita menggunakan masing-masing layanan dengan beda provider. Kalau dihitung-hitung, siasat ini bisa menghemat biaya kita hingga 20%.

4. Hentikan Kebiasaan "Windows Shopping"
Buat kita yang suka jalan-jalan ke mall, pasar atau pusat perbelanjaan lainnya cuma sekedar untuk cuci mata atau lihat-lihat doang (windows shopping), tapi akhirnya terjebak ingin belanja. Jadi, dari sekarang kalau kita pergi ke pusat perbelanjaan, memang karena ada sesuatu yang harus kita beli. Soalnya, terkadang niat awal kita cuma mau sekedar jalan-jalan saja tapi pada akhirnya sebelum pulang belanja juga deh. Inilah bahayanya windows shopping, karena seringnya kita terjebak untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan gara-gara kepincut sama produk yang dipajang di etalase.

5. Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit
Beli baju, tinggal gesek. Beli sepatu, tinggal gesek. Beli gadget terbaru, tinggal gesek, pokoknya semuanya tinggal gesek. Dan pokoknya enak kalau semua tinggal gesek ya. Nah lo, tapi kalo keenakan gesek sana gesek sini trus tagihannya yang bayar siapa? Dan selama ini apa kita sadar bahwa yang membuat pengeluaran karena penggunaan kartu kredit begitu besar karena pajak yang di bebankan ke kita itu besar? Kayaknya semua pada sadar ya, tapi karena enaknya gesek sana gesek sini makanya jadi lupa sama beban. Jadi, untuk hal satu ini, usahakan kita selalu menggunakan uang tunai untuk membayar semua pengeluaran kita. Ini bisa menghemat biaya pengeluaran sebesar 2,5% lo. Dan kalaupun harus menggunakan kartu kredit, kita usahan apply kartu kredit yang memberikan point reward dan batasi apply kartu kredit hanya untuk satu bank saja. Ini sangat penting untuk penghematan biaya tahunan kita.



"Given the cost of the necessities of life from day to day more expensive, makes us have to think for a solution to save monthly expenses. For that we have to prepare from now!!! Indeed, to make savings monthly expenses, very hard for us to do. But it is not impossible for us to do. There are some simple ways to reduce spending our monthly. Here are some ways to reduce your monthly expenses, although this step is trivial but it can have a major impact as well."

cara.obralweb.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Berita Gress - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger