Home » , » Komputer Apple Pertama Akan Dijual dengan Nilai Lebih dari Rp 5 Milyar!

Komputer Apple Pertama Akan Dijual dengan Nilai Lebih dari Rp 5 Milyar!

Written By admin on Senin, 24 Juni 2013 | 06.35

Sebagian orang tentu memiliki sampah elektronik berupa motherboard komputer lama yang menumpuk di gudang, dan kadang menganggapnya sudah tidak bernilai. Namun, bagaimana bila komputer tersebut adalah hasil rancangan dan pernah dijual oleh dua orang putus kuliah bernama Steve Jobs dan Steve Wozniak, tidak hanya dicari, namun komputer tersebut diperkirakan akan bisa bernilai lebih dari setengah juta dolar.

Seperti dilansir JerukNipis dari engadget, Senin (24/06/13), komputer tersebut adalah Apple 1 yang lahir tahun 1976, salah satu komputer pertama Apple yang pernah dibangun dan merupakan pelopor dari MacBook, iPad, dan iPhone saat ini. Apple 1 sendiri akan dilelang di balai lelang Cristie pada minggu depan, dimulai pada angka US$300 ribu atau sekitar Rp 2,981 milyar, dan diperkiraan akan terjual dengan nilai minimal US$500 ribu (Rp 4,968 milyar).

"Ini adalah bagian dari sejarah yang telah membuat perbedaan di dunia, dimana revolusi komputer dimulai," kata Ted Perry, seorang psikolog dari sekolah pensiunan yang memiliki Apple 1 dan telah menyimpannya dalam sebuah kotak kardus di rumahnya yang terletak di wilayah Sacramento, California.

Terlihat potongan plastik hijau yang ditutupi grid memori chip di atas labirin kabel adalah salah satu dari 25 elemen pertama komputer tersebut dan akan dijual untuk harga $666,66 ribu (Rp 6,623 milyar).

Diketahui, pada masa itu ada sekitar 200 Apple 1 yang dibuat. Tetapi kini sebagian telah hilang atau dibuang oleh pemiliknya. Berbagai perkiraan menyebutkan jumlah Apple 1 diketahui masih ada sekitar 30 sampai 50 buah saat ini. Apple 1 memiliki memori 8 Kb, satu juta kali lebih kecil bila dibandingkan rata-rata komputer saat ini.

jeruknipis.com
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Berita Gress - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger